Thursday 29 November 2012

Aspek Gramatical Bahasa


Aspek gramatikal Bahasa

Aspek adalah kategori gramatikal bersama dengan tegang dan suasana hati. Ini adalah properti formal bahasa yang berbeda dari satu bahasa ke bahasa lain dengan cara bahasa membedakan sejumlah besar aspek formal, sementara yang lain membedakan tidak sama sekali. Bahkan bahasa yang tidak menandai aspek formal, bagaimanapun, dapat menyampaikan perbedaan tersebut dengan menggunakan adverbia, konstruksi verba serial atau cara lain. Hal ini jelas bahwa tidak semua bahasa memiliki infleksi atau kata-kata khusus untuk menandai aspek bahasa, tetapi kebanyakan dapat mengungkapkan makna yang tertanam dalam kategori aspectual.

1. Gagasan aspek
Ini adalah pandangan yang berbeda pada aspek tata bahasa yang berbeda dengan, di antaranya, misalnya, adalah Hartmann dan pandangan Strok, yang mendefinisikan aspek sebagai'' kategori gramatikal verba ditandai dengan awalan, akhiran atau perubahan vokal internal yang menunjukkan tidak begitu banyak lokasi di tegang tapi durasi dan jenis tindakan diungkapkan.
Comrie menyatakan bahwa aspek'' berbagai cara melihat consistuency sementara internal dari sebuah situasi. '' Sementara'' smith memiliki tampilan yang menarik pada aspek dalam'' nya kamera-metafora'', ia menyebutkan bahwa'' fungsi sudut pandang aspectual seperti lensa kamera, sehingga objek vible ke penerima. Situasi adalah obyek yang sudut pandang lensa dilatih.
Quirk et al. Dan Greenbaum dan kekhasan aspek tampilan sebagai'' kategori gramatikal yang mencerminkan cara di mana verba dianggap atau berpengalaman terhadap waktu.Sementara gramely dan patzold menjelaskan aspek yang tidak peduli dengan berhubungan saat situasi untuk setiap titik waktu lainnya, melainkan dengan consistuency sementara internal situasi.
Richards et al. Mengidentifikasi aspek sebagai kategori gramatikal yang berkaitan dengan bagaimana acara dijelaskan oleh kata kerja dipandang seperti itu berlangsung, kebiasaan, berulang, sesaat, dll Dia juga menyebutkan bahwa aspek dapat diindikasikan oleh refixes, suffixer atau kategori lainnya dari suatu kata kerja.
Definisi di atas menekankan hubungan antara aspek dan durasi tindakan dilambangkan oleh kata kerja. Di antara semua definisi, definisi oleh Comrie adalah yang paling komprehensif. Ini menggambarkan perbedaan yang jelas antara 'aspek dan tegang'. Satu dapat menyadari perbedaan antara waktu situasi internal (aspek) dan situasi eksternal-waktu (tegang). Dari sini dapat disimpulkan bahwa aspek mengacu pada consistuency sementara internal suatu peristiwa atau cara di mana tindakan dari kata kerja didistribusikan melalui kontinum ruang-waktu.

2. Gagasan waktu, aspek tegang

Hal ini dapat melihat bahwa 'aspek' tidak terjadi sendirian tapi selalu terjadi dengan 'tegang'. Mereka berhubungan terjadinya dijelaskan oleh kata kerja ke waktu, masa lalu, sekarang, atau. Aspek adalah konsep yang sulit untuk dipahami karena cenderung conflate dengan konsep tegang.
The difference utama antara tegang dan aspek adalah bahwa mantan yang bersangkutan dengan situasi yang berkaitan ke titik waktu, yaitu, situasi eksternal waktu. Sementara surat itu berkaitan dengan consistuency sementara internal situasi, yaitu situasi internal waktu.
Perlu menyebutkan waktu itu mengacu pada kemungkinan untuk berhubungan situasi ke waktu dalam membahas kontur sementara internal situasi, misalnya, dalam membahas apakah mungkin untuk diwakili sebagai titik atau sebagai peregangan pada garis waktu. Kontur sementara internal situasi mengacu pada dasar konseptual untuk gagasan aspek yang menunjukkan grammaticalisation ekspresi consituency sementara internal. Dengan demikian, perbedaan antara
(1) a. John bernyanyi
b. john adalah singging
dalam bahasa Inggris merupakan salah satu yang membedakan tegang lokasi sebelum saat ini dan lokasi, termasuk saat ini, sedangkan perbedaan antara:
(2) a. Yohanes singging
b. john bernyanyi
merupakan salah satu aspek karena kalimat keduanya dalam bentuk lampau, sementara mereka menunjukkan berbeda asf cts (2a) adalah dalam aspek progresif, hal itu menunjukkan non-penyelesaian singging sementara (2b) adalah dalam aspek perfrective yang menentukan penyelesaian dari tindakan.
Tegang dan aspek adalah dua elemen yang saling terkait yang tidak dapat dipelajari secara terpisah. Dahl regasd tegang sebagai kategori deictic yang berhubungan poin waktu saat berbicara, sementara aspek adalah sebagai non-deictic kategori, yaitu, di titik waktu berkaitan dengan momen acara.

3. Aspek tata bahasa dalam bahasa Inggris
Aspek gramatika diwakili berbeda dalam bahasa yang berbeda. Misalnya, dalam beberapa bahasa, hal itu diwujudkan dengan awalan, akhiran atau kategori lain dari kata kerja. Ada pandangan yang berbeda mengenai jumlah jenis aspek gramatikal dalam bahasa Inggris. Beberapa ahli tata bahasa membedakan dua jenis utama aspek, misalnya, Comrie mengklasifikasikan aspek gramatikal menjadi 2 tipe utama: perfektif dan tidak sempurna: mantan menunjukkan situasi durasi pendek, sementara surat itu menunjukkan situasi durasi yang panjang. Sementara yang lain menarik perbedaan antara empat jenis aspek gramatikal, yaitu: aspek progessive sederhana, sempurna, progresif dan sempurna. Misalnya, celce-murcia dan larsen-preman membedakan empat jenis aspek gramatikal dalam bahasa Inggris:

A. Aspek Sederhana: mengacu pada peristiwa yang dipandang sebagai keutuhan lengkap
(3) a. Natalia membantu ibunya
b. Natalia membantu ibunya
B. Aspek Sempurna: makna inti dari jenis aspek adalah'''' sebelumnya yang digunakan dalam kaitannya dengan beberapa titik lainnya dalam waktu, misalnya:

(4) a. Natalia telah membantu ibunya
b. Natalia telah membantu ibunya ketika tamu tiba.
C. Aspek Progresif: makna inti dari jenis aspek yang tidak sempurna yang mewakili suatu peristiwa sedemikian rupa sehingga memungkinkan untuk menjadi imcomplete atau entah bagaimana terbatas.

(5) a. Natalia membantu ibunya
b. natalia sedang membantu ibunya
Aspek D. progresif Sempurna: istilah menunjukkan bahwa aspek ini menggabungkan rasa dari 'sebelum' dari sempurna dengan makna 'ketidaklengkapan' melekat dalam aspek progessive.

(6) a. Natalia telah membantu ibunya selama 2 jam
b. Natalia telah membantu ibunya tahun itu.
Hal ini diperlukan untuk menyebutkan bahwa masing-masing pasangan adalah identik dalam aspek tetapi berbeda dalam tegang.
Dalam bahasa inggris, 2 jenis utama dari aspek dapat terwujud: ditandai dan ditandai. Ada 3 aspek gramatikal ditandai dalam bahasa Inggris yang menunjukkan mereka aspek yang diwujudkan dengan morfem infleksional yang ditentukan oleh aspek progresif sempurna dan progresif dan sempurna, misalnya:

(7) a. Dia bermain dengan baik
b. Dia telah bermain dengan baik

No comments:

Post a Comment

Semoga Bermanfaat bagi pembaca sekalia.. .

Lailahaillallah.. Muhammadurrasulullah..

Lailahaillallah.. Muhammadurrasulullah..

SLIDER WIDGET