Wednesday 5 December 2012

Contoh Artikel


LEMAH LEMBUT

Serulah (manusia) agar kembali ke jalan rabbamu (Allah) dengan penuh hikmah serta nasehat yang baik, dan (bila perlu) berdebatlah dengan mereka dengan cara yang lebih baik’’ (QS. An Nahl : 125)

Meskipun sebahagian orang nyang mengedepankan kekrasan, ajaran islam sangat mengedepankan cara-cara damai. Sifatnya mendamaikan dan menyelamatkan. Dengan demikian, siapapun yang benar-benar telah menganut ajaran agama islam akan menampakkan nila-nilai kedamaian dan keselamatan dalan perilakunya.  Berperilaku lemah lembut terlebih-lebih dengan sesama saudara. Juga menjauhi perilaku-perilaku yang bisa menumbuhkan benih-benih kekerasan.
Secara khusus, perilaku yang menjunjung perdamaian antara lain terlihat ketika seorang muslim berbicara. Penuh makna dan hikmah dari apa yang di ucapkan. Lebih-lebih, baginda rasulullah SAW menyeru umat manusia terutama umatnya, untuk berbicara tentang hal-hal yang bermanfaat. Kalau tidak, lebih baik memilih diam saja.
Lebih lanjut, sesuatu yang bermanfaat pun belum tentu diterima oleh orang lain, kalau cara menyampaikannya salah atau kurang tepat. Ini bermakna bahwa sangat penting juga memperhatikan bagaimana menyampaikan ajaran damai itu dengan cara-cara yang menjunjung tinggi perdamaian. Sebagaimana pesan dalam ayat di atas, penting berdebat dengan cara yang lebih baik.
Namun sayangnya. Tidak sedikit di antara kita kadangkala gemar menampakkan wajah islam itu dalam bentuk sebaliknya. Seakan-akan islam itu agama kekerasan atau agama pembunuhan.
                                                                                                                                                                Oleh : Jarjani Usman

No comments:

Post a Comment

Semoga Bermanfaat bagi pembaca sekalia.. .

Lailahaillallah.. Muhammadurrasulullah..

Lailahaillallah.. Muhammadurrasulullah..

SLIDER WIDGET